26.1.14

GROWING UP TOGETHER

CIYEEEE growing up sama sapa neng? 

Cuma kalender ini yang saya punya di rumah.
Yang penting berguna #prinsip 


Ya sama sapa aja yang mau growing-up sama saya laaaahhh.. Kesannya pasrah gitu haha ga deng, beberapa hari lalu pas lagi keluar rumah, tiba-tiba aja kepikiran mau nulis ini. 


KOK BISA?! 

Iyaaaa jadi gini, tanggal 21 atau 22 Desember lalu saya keluar rumah naik ojek buat ngurus beberapa keperluan (bayar SPP *iye gua masih kuliah hiks*, ngisi pulsa modem, ngisi pulsa hape, dll). Semua urusan udah beres, tinggal ngisi pulsa modem aja yang belum diurus. Cao deh ke Smartfren Gallery. 

Gerainya tuh ada di Simpang Enam.. Daerah Teuku Umar yang terkenal dengan beragam resto dan toko elektronik haha. Salah satu kawasan kesukaan saya. Pas masuk, ambil tiket antrian, kalo ga salah nomor urut 048 di kasir 12, trus duduk deh. 

:Lagi asik-asik nunggu antrian, saya twitter-an via hape lah. Sampe tiba giliran saya. Saya nyari meja kasirnya kok ya ga nemu-nemu, cuma ada 8 meja? Lah saya dapetnya di meja 12. Salah satu pegawainya liat kebingungan saya trus ngasih tau, "BU *saya bingung kenapa dipanggil ibu-ibu*, ke atas ya tangganya ada di samping." 

OOOOHHHH gitu toh *mulut mangap* Kelar ngomong makasih, saya naik lah ke atas. Proses ga lama, bayar-bayaran, basa-basi bentar sama pegawainya, salaman, trus pulang. 

Pas di tangga mau turun, di seberangnya ada kaca yang ditempel ke tembok. Saya jadi kepikiran kalo ga salah pertama kali saya beli ini modem baru pertengahan 2011 (atau awal 2012) itu pun terpaksa karena wi-fi kost-an udah mulai reseh koneksinya. Gerainya masih keciiiiiill, cuma sepetak kali. Karena pertokoan disini kan model ruko yang bangunannya 2-3 lantai so ya cuma satu gedung itu dipake. Trus mulai vacuum ngisi di situ karena nyari tempat ngisi modem yang lebih deket dari kost + modal naik bus doang (no ojek) yaitu di gerai Sunset Road (sebelahan sama Carrefour). Klop kan, habis belanja bulanan langsung ngisi pulsa modem *nyampe rumah nangis liat isi ATM tinggal separuh* #ABAIKAN :)))) 

Mungkin setahunan saya ngisi pulsa modem di Sunset Road itu karena kalo ga salah inget, saya ke gerai yang di Teuku Umar tahun 2013 lalu deh. Dari situ emang udah expand pake 2 ruko tapi lantai dua belum dipake jadi kasir, masih office biasa. Eh setaun lagi saya kesana (Januari 2014) udah expand ke lantai 2 aja tuh meja kasir. Berarti emang musti dateng kesana jarang-jarang ya biar kaget dikit, tau-tau udah expand lagi aja ga tau deh sekarang nambah ruko atau gimana :))) 

Kesannya remeh ya nyeritain ginian? Buat saya enggak lho, karena itu berarti saya "bertumbuh" bersama satu produk dan saya lumayan lama bertahan untuk bertumbuh bersama dengan-'nya', terlepas dari baik-buruknya produk yang saya pakai. Kelebihannya? Ga perlu mengandalkan wifi untuk internet-an, tinggal colok dan klik connect, beres deh. Selama ada pulsa (apalagi kalo unlimited quota) dan masa aktif masih berlaku. Kekurangannya? Ampun dijeeeee, masa saya musti nangkring dulu di tower-nya biar aliran speed-nya bisa secepat kuda (atau cheetah sekalian)? -_____- Sekalinya cepet, pas subuh, tapi kan ga tiap hari juga saya bangun subuh ye. 

Nah.. Selain saya bertumbuh bersama modem, saya bertumbuh bersama apa/siapa lagi ya kira-kira? 

Ini tuh adek-adekkan saya di gereja Nusa Dua, karena dari awal pertama saya dateng di Bali dan bergereja di sana, anak kecil yang paling cepet akrab sama saya ya dia ini. Subjektif dikit ye, mungkin karena udah 4,5 tahun main bareng dia terus, jadi lumayan kenal sama dia luar-dalam. Sama keluarganya juga. Anaknya pinter (juara kelas terus di sekolah), mau belajar, ga takut mencoba hal-hal baru, karakternya baik karena memang dididik oleh keluarga yang takut akan Tuhan juga. Kalo ga salah, seumur sama adek saya yang bungsu. Perawakannya juga mirip, beda warna kulit doang. 

Pernah juga pelayanan bareng, khususnya dalam bidang musik. Saya inget banget dia pernah ngomong gini, 

"Kak Grace kok main pianonya jago banget sih? Egit juga jadi pengen main piano gara-gara kak Grace, lho. Jari-jarinya itu looohhh..."

(Langsung mikir, jari gua kenapa? Haha) 

Yaudah saya kasih semangat lah, saya ajarin dulu dasar-dasarnya. Ngajarin dia dari cara dan jam kerja yang ga resmi (alias ga dibayar dan kapan aja bisa) sampe yang resmi (dibayar dan udah ada schedule-nya) sampe akhirnya saya bikinin jadwal pelayanan di gereja bareng adek ganteng yang lain, Timothy Tandjung. Judul lagunya Jesus Loves Me kalo ga salah, mereka main pianika, saya main piano. 

2. GMAHK NUSA DUA (website resmi disini) 
Mulai dari datang-dan-perginya para pianists (saya, kak Boggie, dan bu Felicia ganti-gantian waktu itu), teman-teman lama dan baru yang turut datang dan pergi (halo kak Venti! Hei kak Elizabeth! Ikkeeeee, we miss you!, Kak Helen kapan ke Bali lagiii), sampai rolling gembala jemaat beberapa kali (memang kebijakan organisasi tiap tahun, ah paling poll sama pendeta Irwan Kabanga dari jemaat Hang Tuah, pelayanannya mantap!). Udah ngapain aja di gereja selain datang-duduk-dengerin khotbah? Hmmm let me recall those memories.. Jadi guru Sekolah Sabat Dewasa, pernah. Jadi guru Sekolah Sabat anak-anak juga pernah, jadi Pembawa Acara Sekolah Sabat PA juga pernah (my favourite! Bebas ngobrolin apa aja di depan biar penonton ga "tegang"), ikut FAST (program Pendalaman Alkitab dengan bantuan materi dari Australia) juga pernah. Apalagi ya? Banyak deh sampe susah nyebutinnya satu-satu. Charity Clinic aja udah kenyang banget gua juga haha. Padahal di gereja di Jakarta (baik jemaat baru maupun jemaat lama) ga seaktif ini loh, palingan ikut MAMA (Mengenal Alkitab melalui Alam) atau PAPA (Pemuda Advent Pecinta Alam) doang. Camporee yang cuma setahun sekali? Lepas dari hitungan laaahh, ga rutin juga ikut tiap tahun. Murni saya ditempatin di belakang piano aja. Ya walaupun piano adalah pacar seumur hidupku *lebay* tapi kan akik mau main-main keluar jugaaaa *sedih* Y_____Y 

INI! Walopun udah ga jadi anggota aktif lagi (jadi anggota pasif dulu, selama ini mendukung setiap kegiatannya dalam doa dan semangat), tapi seragamnya masih ada loh di rumaaaaahhh eh di kost maksudnya. Jadi pajangan aja di lemari baju. Tapi tetep bangga liatnya *manusia labil* hahaha. 

Kalo ga salah saya gabung sama MBU hanya selama 1,5 tahun sodara-sodara. Dari awal masuk kuliah Oktober 2009 sampe Desember 2010. Itu pun saya ngga langsung jadi pemain karena waktu Oktober 2009 MBU lagi sibuk-sibuknya latihan untuk lomba di bulan Desember 2009 yang disebut GPMB (Grand Prix Marching Bandso daripada saya memaksakan diri untuk jadi pemain (yang notabene emang belum tahu apa-apa waktu itu, tapi pasti diajarin juga), lebih baik saya jadi tim official aja :) Apa itu Ofiicial Team? Ringkasnya, yang bantu-bantuin pemain nyiapin kebutuhannya, mulai dari kostum, makanan sesudah latihan (yes organisasi emang nyiapin dana konsumsi buat pemainnya), minuman selama latihan (break 5 menit buat minum + ke toilet doang), alat musik,  surat-surat administrasi, dana/proposal, dll dll dll pokoknya banyaaakkk! Ampe kami pusing sendiri wkwkwk tapi tetep seruuuu karena kami saling menyemangati satu sama lain. (Hai Cindy si seksi dana, kamu masih ingat ini? Hai juga untuk Cintya, Roma, Iksan, Amin (udah kemana tuh anak?), Ratih, Laras, dll) Official Team ini, dibandingkan pemain, datang paling pertama dan pulang paling akhir. Kenapa? Ya karena nyiapin kebutuhan pemain tadi, walaupun ga semua, ada yang bisa diberesin sekalian, ada yang musti diberesin satu-satu. Saya inget banget temen saya nebeng pulang adalah Chandra, pemain cymbal yang baru belajar naik motor (saya sendiri malah ga bisa nyetir motor) untung selamat sampai ke kost masing-masing HALELUYAHHH :))) Oh iya kadang-kadang gantian nebeng sama Sagung yang emang asli Bali. 

Desember 2009 ke Jakarta, naik bus selama 3 hari 2 malam, pulangnya juga naik bus. Itu juga penuh perjuangan untuk minta izin ke dosen kalkulus karena Januari 2010 kami ujian sementara masih ada materi yang belum selesai so musti dimampet-mampetin (pipa, kali). Untungnya beliau mengizinkan selama kami pake surat izin resmi dari MBU. Melayang lah surat tersebut ke meja ibu dosen *disertai angin dan gugurnya daun musim semi ala film kartun* *bisa bayanginnya, kan?!* 

Kelar GPMB hasilnya gimana? Juara 4 sajah saudara-saudaraaahhh! Kecewa kah kami? Oh cencu sajah karena kami biasanya masuk 3 besar #NyombongDikit hehehe but that was the best perform we could show them. Trus ujian kalkulusnya? Iye kami di tempat terasing dan terpencil, satu ruangan isinya 3 orang doang dan soalnya susah-susah pun! Untung nilai B masih dapat diraih. *sigh

Trus awal tahun 2010 persiapan Langgam Indonesia untuk bulan Juni 2010 nanti, salah satu program tahunan MBU yang sudah diketahui di dunia per-band-an se-Indonesia. Langgam = Langkah Gerak Muda Indonesia. Pesertanya ada yang datang dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, Lombok, dan pulau Bali sendiri (lain kampus atau organisasi)! Satu kata: SERU! Selain jadi pemain, setiap anggota MBU jadi official team juga. So yang kerja-kerja ya kami juga. Rapat koordinasi anggota, nyari sponsor, nyari dana, nyari gedung, latihan sampe malem (bahkan rame-rame tidur di GOR-nya langsung!), belum lagi diselingi perkuliahan kaaaannn #LOHSALAHFOKUS :))) 

Acaranya SUKSES pake BANGET sodara-sodara!!! Saking excited-nya karena saya latihan susah payah bok, dapet pelatihnya pun yang ngajar pemanasan doang, untuk lagu-lagunya ada 5 biji saya belajar sendiri karena pelatihnya ga bisa baca not balok, pelatih yang lain main di alat musik lain -_____- Untung berdiri di tempat doang, ga pake display seperti teman-teman divisi lain yang latihannya pake disket. Modar kabeh aku hakhakhak! :))) 

Sebenernya ada lagi beberapa yang lain (Les Bahasa Inggris di LIA  -- 6 tahun disini, kenyang! dan Les Piano di YPM -- 8 tahun disini, kenyang juga!, sahabat di gereja lama yang udah pada mencar, teman-teman FMIPA) trus ada rencana buat ngasih giveaway juga buat teman-teman pembaca sekalian (ngikut temen-temen blogger yang lain, kok enak banget ya bisa ngasih-ngasih hadiah ^.^) tapi next time aja ya satu postingan lain karena udah capek ngetiknya.. Hehehe mau ngurus domestik juga *melirik ke tumpukan pakaian yang harus disetrika* ciaaaaooooo! 



XXX, 
Grace. K 

No comments:

Post a Comment