28.9.11

Mind Your Own Bussiness, Please!


Sebelum saya menurunkan tulisan ini, saya mau tanya sesuatu: Siapa diantara kita suka segala sesuatu yang berbau campur-campuran (mixing something)? Kalo Mixed Juice, saya mau... Hehehe. Tapi ini lain konteks. 

Saya paling risih dengan yang namanya 'mencampuri urusan orang lain'. Sok mau ikut campur akan kehidupan seseorang. Padahal pacar bukan, sahabat bukan, keluarga apalagi! Jiahh –

Saya juga ga suka seseorang yang ngga profesional, mencampuri urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Well, bukan artinya saya ga tahu-menahu mengenai dunia pekerjaan walaupun saya masih kuliah. Mendengar keluhan kakak-kakak saya yang sudah bekerja akan hal ini cukup membuat saya tergelitik. Tapi saya akan kasih contoh dari kampus saya saja. 

Untuk kasus yang pertama. Saya heran deh, kayaknya hidup saya biasa-biasa saja.. Melakukan sesuatu hal yang saya suka, berusaha melakukan kebaikan sesuai ajaran moral dan agama, dan tidak menyakiti orang lain... Tapi masih adaaaaaa aja orang-orang yang suka gosipin saya. Lha saya kan ga hidup di dunia entertainment layaknya artis-artis ibukota! Kok bisa sih? :( 

Eh tunggu bentar. Kayaknya hidup saya ga biasa-biasa aja deh. Saya melakukan sesuatu hal yang saya suka, berusaha melakukan kebaikan sesuai ajaran moral dan agama, dan tidak menyakiti orang lain.. And obviously I'm happy about it. Saya ga tau kenapa, kok saya bisa ngerasa lebih banyak perasaan senang daripada sedih, ngerasa lebih banyak kebahagiaan daripada kemuraman, lebih banyak sukacita daripada dukacita. Padahal keluarga saya merupakan keluarga sederhana, mau makan-minum-makan aja masih dicukup-cukupin. Saya kuliah pake uang beasiswa. Sedapat mungkin saya kerja part-time atau kerja di waktu libur biar ada uang tambahan.. Kok bisa ya? 

Kuncinya hanya satu: Bersyukur. Dan jangan lupa berpikir positif :) 

Setelah saya perhatikan secara mendalam, baik secara terbuka atau tertutup, orang-orang yang suka gosipin saya ini merasa hidupnya kurang beruntung. Padahal mereka orang berduit semua, man.. Apalagi yang orang lokal, hidup masih sama ortu! Kurang duit tinggal minta, lah saya? Anak kost-an yang ga bisa seenak jidatnya minta duit sama ortu kala uang menipis. Musti berhemat, tunggu bulan depan.. Dan kayaknya mereka kurang puas juga dengan kehidupan perkuliahan mereka. Entah kenapa, kayak ada yang kurang... Dan saya juga merasa jiwa mereka kosong. 

Bagaimana dengan kasus yang kedua? 

Nah ini nih, di dunia perkuliahan aja udah mulai masuk, kok... Urusan pribadi ga hanya termasuk urusan asmara seperti, “Maaf saya ga bisa datang rapat LPJ krn harus ke rumah pacar bla..bla..bla..” tapi bisa juga dengan, “Wah aku lagi ga mood ngerjain tugas...” padahal tugas kelompok! Hati (perasaan) harus dikelola dengan baik, mana perasaan yang sebaiknya dimunculkan sekarang, mana yang tidak. Jangan sampai merepotkan diri sendiri apalagi orang lain. Trus cara mengatasinya gimana, dong? 

Gampang, saya udah coba nih. Be professional. Sebisa mungkin kalo pengen ngomong urusan pribadi, ditahan dulu sampai urusan perkuliahan selesai. Ga puas? Tulis aja dulu di jurnal atau corat-coret ga jelas di notebookAnda. Trus jangan coba-coba dipikirin, nanti jadi ga fokus. Kurang ampuh? Minum dan tarik nafas panjang! Kurangi keluhan. 

Ingat: selalu bersyukur dan berpikir positif! Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment