13.7.12

FASHION AGAIN AND AGAIN


Fashion Stylist dan Fashion Designer tuh beda sama Tukang Jahit.

Ini ada angin apa tiba-tiba saya ngomong begini? :)

Jadi gini, saya tuh sebenernya udah dari SMP tertarik dengan yang namanya fashion dan kawan-kawannya. 'Kawan-kawan'-nya disini ga hanya jenis-jenis baju, sepatu, atau tas-tas gitu lho ya, tapi juga aksesori fashion dan make-up (riasan)-nya. Kenapa bisa gitu? Saya juga ga tau. Tiba-tiba tertarik aja gitu. Salah satu pengalaman yang susah saya lupain terkait dengan fashion ini adalah, waktu lagi liburan kelas 8 (setara dengan 2 SMP).

Lagi liburan, sendirian di rumah, mama-papa kerja, pembantu mudik, adek-adek ga tau main ke mana. Bosen nonton televisi, bosen nonton film dvd, bosen main piano, bosen makan (halah!), bosen dengerin musik, bosen tidur-tiduran. Tercetuslah dalam pikiran saya waktu itu, ah! Gue mau dandan!

Dengan modal anak kecil yang ga tau apa-apa tentang riasan alias NIHIL (beneran nihil bok! Ternyata bekal saya baca majalah Kawanku! dan Gadis pada masa itu belum cukup), saya ke meja rias ibu saya. Pake apa duluan yaaaa, pikir saya waktu itu. Tangan saya ngambil lipstik. Ih punya mama warna merah semua nih! Ntar kalo menor bisa diketawain! ← #belagu :p Tapi akhirnya dipake juga.

Kelar pake lipstik, pake bedak. Saya mau kasih tahu bahwa ini adalah URUTAN YANG SALAH. Kenapa begitu? Karena seharusnya warna lipstik menyesuaikan warna bedak, bukan sebaliknya -___- Oke, kesalahan berlanjut. Setelah pake bedak, saya pake eyeshadow yang mana warnanya netral semua sebenarnya, tapi saya pakenya tebel banget. Beneran tebelnya ampun-ampunan! Gosh, gile banget saya waktu itu! Namanya juga shadow ya harusnya pake tipis-tipis bok, samar-samar aja kelihatannya. Dan eyeshadow itu pakenya di kelopak mata tapi saya pake sampai ke... BAWAH ALIS.

GILA.

Mending sini model majalah terkenal macam NadiaSaphira, mau pake riasan kayak apa juga tetep aja kelihatan bagus. Masalahnya eike bukan sapa-sapa -____- artis kampung aja bukan! Sempet-sempetnya kepikiran pake make-up yang hasilnya (waktu itu) BERANTAKAN! Dan sempet pula ketahuan bokap yang pulang mendadak sambil bawa temen! Ga usah sok nebak-nebak, udah pasti mereka berdua ketawa terbahak-bahak! Maafkan hamba-Mu ya, Gusti.

Selain itu, pernah keluarga kami punya tukang jahit langganan. Ceritanya nih mama saya udah hopeless nyariin baju yang pas plus bagus buat saya karena bodi saya yang subur ini. Lagian nyarinya di mall, ya jarang ketemu lha, karena pasar fashion mall itu adalah wanita-wanita LANGSING dengan bodi yahud tinggi menjulang dan rambut panjang, ketika saya hanya memproduksi rambut panjang tapi bodi LANGSUNG subur ke samping (!) dengan tinggi yang pas-pasan.

Berhubung ada tukang jahit langganan, saya sok-sokan gambar baju yang menurut saya modelnya bagus (tapi saya ga tau cocok untuk saya atau enggak). Waktu itu lebih prefer pake kemeja karena ke gereja kan bajunya gitu-gitu aja, kemeja+rok+sepatu pantofel. CUPU ABIISSSS dibandingin dengan selera fashion saya yang sekarang udah mendingan, kadang-kadang pake dress+heels (untuk special event) atau kemeja+rok modis/celana kain+flatshoes (untuk acara biasa). Bener-bener jomplang abis. Nah di tukang jahit langganan saya ini permintaan saya aneh-aneh deh, mulai dari pake mote-mote, salurnya mesti begini, begitu.. Ampe kadang-kadang dimarahin emak sendiri. Saya mah kekeuh ya bok, kapan lagi pake baju bikinan sendiri yang cuma ada satu di dunia. Yang saya ga tau, (mungkin) waktu itu mama saya telpon penjahitnya di lain waktu sehingga hasil jadi baju saya yang dijahit standar-standar aja, kemeja garis-garis gitu :p Paling banter pake kantong di dada.

Make-up udah, baju udah.. Sekarang saya bicara tentang rambut. Rambut saya yang sehat nan wal-afiat ini udah sering banget gonta-ganti model. Panjang, pendek, lurus, ikal, bob, layer, shaggy.. Yang ga pernah dibolehin waktu saya masih sekolah adalah eksperimen warna rambut. Dilarang mati-matian sama ibu saya. Mungkin karena pengalaman juga kali ya, dulu beliau lumayan sering gonta-ganti warna rambut, yang warna netral sebenarnya – coklat, hitam, merah maroon, ungu – tapi entah kenapa, mungkin ga cocok merk atau bahan kimianya, rambut beliau jadi sering rontok. Mama saya jadi susah punya rambut panjang padahal beliau pengeeeeeennn banget. Mungkin karena rusak atau kurang terawat itulah bertahun-tahun beliau punya rambut panjangnya cuma sebahu. Dan kemarin sempat punya rambut panjang, sepinggang atas, beliau senang banget! *sujud sukur* Berbekal dengan pengalaman beliau itulah makanya saya ga pernah eksperimen aneh-aneh dengan warna rambut saya, warna netral sekalipun. BELUM, tepatnya. Liburan ini ada niat nge-highlight rambut sih, semoga kesampaian yaaaa :D

Trus, kacamata... FYI mata saya ini udah 'sakit' sejak saya kelas 5 SD. Sengaja banget waktu itu sebenarnya, gara-gara saya liat orang pake kacamata kok kayaknya keren banget. Cuman kan ya ga bisa beli kacamata buat gaya-gayaan.. Dulu ga ada tuh yang namanya kacamata gaya, adanya kacamata baca! Jadi biar niat saya pake kacamata bisa ternunaikan, saya rusak-rusakin aja mata saya nih :p Mulai dari baca sambil tiduran, baca gelap-gelapan, baca buku di mobil, nonton tivi deket-deket, wah banyak ulah deh saya bikin biar bisa pake kacamata. Sampe suatu saat saya ngerasa pusing dan...

KOK MUKE LO JADI ADA 2 YA?!

Niat saya ternunaikan, akhirnya! Ga hanya rabun jauh (minus), pake acara silinder pulak! Ini mah dobel untung buat saya #eaaa :)) Setelah cek sana-sini ke dokter mata akhirnya resmilah saya sebagai... pengguna kacamata :D

Lupa kacamata pertama saya apa, tapi yang pasti saya udah sering gonta-ganti kacamata. Entah karena minusnya naik, rusak, ataupun ganti model ngikut tren. LOL. Pernah pake kacamata ijo ala Betty La Fea, trus nambah lagi ke warna merah, pernah punya juga kacamata frameless, pake kacamata abu-abu bening juga pernah, trus pake warna pink transparan juga pernah... Pernah pake yang ada kalungnya juga karena kacamata saya pernah ilang :))) HAHAHA! Trus pernah juga pake kacamata yang ada berlian imitasinya, biar blink-blink aja gitu.. Pernah juga pake kacamata yang bentuknya kayak mata kucing, lancip di sudut luarnya. Ya ampun ternyata banyak juga ya... Sekarang sih pas lagi nulis ini saya lagi pake kacamata warna coklat yang berbingkai bambu, lagi nyimpen kacamata merah merk CocoChanel (simpen dulu, gantian sama yang warna coklat), dan sedang mendinginkan softlens saya yang baru 2 hari lalu saya pakai.

Jadi, apa hubungannya dengan tagline saya di atas?

Menurut saya pribadi, fashion stylist dan fashion designer melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan fashion sesuai yang MEREKA MAU sesuai dengan personality statements yang mereka miliki, sementara tukang jahit melakukan segala sesuatu yang berbau fashion sesuai dengan apa yang DISURUH kepadanya.

Nah berdasarkan cerita diatas, saya tentunya jadi fashion stylist dan fashion designer :) Kamu mau jadi yang mana?  

No comments:

Post a Comment