30.10.12

HAPPY BIRTHDAY!

Hai hai hai, happy pagiiii ~ Hari ini saya senang sekali karena akun twitter saya berulang tahun! Yippieee! 

-----

Akun twitter saya, @crazyduckyduck, berulang tahun tanggal 26 Oktober 2012 (waktu USA) atau tanggal 27 Oktober 2012 (waktu Indonesia). Tepat sudah 2 tahun saya mengarungi dunia per-twitter-an. 

Q: Kenapa saya pakai nama @crazyduckyduck? 
A: Ga tau, ngerasa imut aja, dan binatang yang imut unyu-unyu gitu kan (anak) bebek 

Q: Darimana saya tahu? 



Saya buka via Blackberry karena infonya ga tertera di PC. 

Sebenarnya saya sudah menggunakan twitter 3 tahun lalu dengan nama @lovingbrenda. Nama ini saya pakai karena waktu itu saya sedang memelihara seekor anak anjing yang saya beri nama Brenda.. Ga tau kenapa suatu ketika saya mau akses akun twitter saya yang ini ternyata ga bisa, entah saya yang lupa password atau bagaimana  Makanya saya bikin akun baru dengan nama @crazyduckyduck tersebut. 






Nah justru dari data yang ada, saya duluan pakai twitter daripada facebook  Karena seingat saya waktu itu lagi musim ujian nasional dan saya kekeuh ga mau bikin akun facebook demi kelancaran belajar  

Untuk teman-teman yang belum punya akun twitter atau masih newbie, saya mau jelasin sedikit aja twitter itu apa dan fungsinya bagaimana. Twitter itu salah satu dari sekian banyak akun jejaring sosial yang akhir-akhir ini lagi populer. Kind of miniblog, bisa curhat atau nulis APAPUN disana tetapi batas menulis hanya sampai 140 karakter. Popularitasnya ga kalah jauh dengan facebook. Kalau di facebook ada yang namanya 'friends,' di twitter ga ada. Adanya following (akun siapa yang kamu follow/ikuti) dan follower (siapa-siapa aja yang follow kamu). Bagi saya pribadi, akun siapapun yang saya mau tahu info dan berita terbarunya, wajib saya follow, contohnya akun-akun berita seperti @kompascom, @infojakarta, @haloBali, @BeasiswaGratis, dll dsb etc karena pasti bakalan banyak banget. Dan akun teman-teman saya di sekolah maupun perkuliahan juga wajib saya follow demi berkomunikasi lancar dengan mereka, khususnya mengenai ilmu. 


Selain itu, ada juga akun-akun hiburan yang saya follow dalam rangka mengurangi stress! Ga perlu lah sampe tertawa terbahak-bahak, sampe tersenyum atau merutuk, "Sialan!" itu juga udah cukup Salah satu contohnya adalah @radityadika. Itu mah ga usah ditanya, ya. Hehe 





Sedangkan followers sendiri erat kaitannya dengan 'seberapa-banyak-orang-yang-mau-tahu-berita-terbaru-tentang-diri-saya' atau dalam kata lain... 


... FANS

Untuk saya probadi, sejauh ini sudah ada 290 akun yang saya follow dan 276 akun yang mem-follow saya. Angka itu bisa bertambah ataupun berkurang.

Oh iya, untuk ReTweet, sesuai dengan namanya, itu maksudnya seseorang sudah menge-post atau menge-tweet sesuatu yang ternyata kamu rasa bagus dan/atau sesuai dengan keadaanmu dan/atau kamu setuju dengan pernyataan tersebut, sehingga akhirnya kamu tweet ulang. Biar orang lain juga bisa baca. Contohnya tweet lucu-lucuan dari @poconggg




Waktu itu ceritanya saya lagi pedekate sama calon-pacar-potensial trus ketemu sama tweet ini. RESEH KAN! Aspirasi saya sudah terpenuhi 

Atau waktu saya lagi LDR-an sama seseorang-yang-jauh-disana trus ketemu tweet ini... Rasanya NYEBELIN BANGET! TAPI BENER :))) 




Nah trus saya sendiri, nge-tweet apa dong? 





Di twitter sendiri ada juga yang namanya mention/connect, gunanya biar bisa ngobrol atau berbagi info/cerita. Kalo balesnya via RT (reply to), di facebook mirip dengan giving comments. Sedangkan kalo dibales via reply biasa, di facebook mirip dengan wall-to-wall atau posting timeline. Contohnya punya saya nih: 



Waktu saya ngobrol sama Yando dan Sendy (tweet yang paling bawah) kami pakai reply, sementara waktu saya ngobrol sama Nadya dan Sendy (tweet yang atas) kami pakai RT. Do you see the differences

-----

Semoga dengan bertambahnya usia akun twitter saya, saya semakin dapat memanfaatkan twitter dengan baik dan berguna sebagaimana mestinya. Amin! 

No comments:

Post a Comment